Artikel yang Berkaitan :

Wednesday, March 3, 2010

Optimize Blog Dengan FeedBurner

Setelah beberapa hari mau berkecipung ke dunia blog. ane menemukan banyak istilah contoh nya Feedburner sebagai optimize blog, situs, ternyata Feedburner banyak sekali manfaatnya bagi para pemilik blog maupun wensite. nah ingin tau lebih jelasnya baca dah artikel di bawah ini yach lumayan memberikan penjelasan.

Apa itu feed?
Berdasarkan kata dasar feed diterjemahkan sebagai umpan adapun secara istilah feed dimaksudkan format data yang digunakan jika sebuah situs/blog melakukan update. Orang terkadang tercampur istilah dengan RSS, padahal RSS adalah salah satu bentuk feed. Sehingga feed seperti semacam pemberi kabar jika sebuah situs melakukan update.

Apa kegunaan feed?
Adalah membuat pembaca menghemat waktu karena pembaca hanya ingin membuka sebuah situs jika ada update terbaru. Adapun bagi yang mempunyai situs feed berguna karena fleksibelitasnya, feed bisa digunakan melalui email, perangkat handphone, atau dipasang di situs lain. Penggunaan feed diistilahkan dengan “berlangganan”.

Apa itu feedburner dan kelebihannya?
Feedburner adalah layanan pihak ke tiga yang menyediakan fasilitas memberikan feed dalam bentuk yang lain dari sebuah situs. Kenapa bentuk lain? karena biasanya sebuah situs sudah memiliki format Feed didalamnya seperti untuk semua blog wordpress.com maka feednya ada di http://namablog.wordpress.com/feed. Feedburner punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki feed biasa seperi statistika pengguna feed, optimasi, dan komersialisasi.

Tutorial Menggunakan Feedburner

1. Kunjungi situs feedburner.com dan daftarkan diri anda. Mengingat feedburner telah dibeli oleh google maka anda membutuhkan sebuah akun gmail.
2. Isi alamat feed blog anda dibawah tulisan “Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here”, jika tidak tahu dengan alamat feed blog anda cukup diisikan dengan alamat blog anda. Kolom podcaster diceklis jika blog anda berisi audio blog.
3. Isi feed title dan feed address sesuai selera anda. Feed address yang nantinya merupakan alamat feed blog anda di feedburner.com, contoh: http://feeds.feedburner.com/zohirin
4. Setelah itu anda akan ditawari 3 layanan monitoring statistik feed anda, ceklis aja semuanya. Next
5. Nah disini anda telah dibawa ke kolom dashboard feedburner, ada 5 menu utama: Analyze, Optimize, Publicize, Monetize, Troubleshootize.

sumber :
http://mumtaz-anas.com/2009



Related posts :


0 komentar:


Post a Comment

 

Followers